PKKMB JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN 2024

 


PKKMB JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN 2024


Yogyakarta, Kamis Wage, 11 Juli 2024 telah diselenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru T.A. 2024/2025 atau biasa disebut dengan PKKMB yang bertempat di Gedung Biru, Ruang PUI NOVAKESMAS Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Serangkaian kegiatan telah dimulai pada hari Senin tanggal 8 Juli 2024 dan akan berakhir di hari Rabu tanggal 11 Juli 2024. PKKMB jurusan diharapkan agar mahasiswa baru dapat menambah ilmu dan pengetahuan mengenai lingkungan kampus serta dapat menggali potensi diri dan kreatfitas mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 08.00-15.20 dan diikuti oleh mahasiswa baru Prodi STr. Sanitasi Lingkungan, Diploma Tiga Sanitasi serta mahasiswa ahli jenjang. Kemudian dilanjutkan pembukaan oleh MC  saudari Ma’rifata Alfiana yang dimulai dengan pembacaan susunan acara dan bacaan  basmallah bersama-sama. Setelah itu disusul menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars Poltekkes Kemenkes serta pembacaan visi misi Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Selanjutnya sambutan langsung dari ketua prodi S.Tr. Ibu Naris Dyah Prasetyawan, SST, M.Si. Penyampaian materi PKKMB jurusan disampaikan oleh beberapa narasumber yang berasal dari Dosen dan Staff Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Selanjutnya yaitu penyampaian materi pertama disampaikan oleh Rizki Kurniawan Saputra, S.Tr, MKM mengusung tema “Succes Story Alumni” membahas tentang prospek kerja dan peluang karir lulusan mahasiswa Jurusan  Kesehatan Lingkungan serta perjalanan yang ditempuh pada saat perkuliahan. Setelah materi berakhir dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 15 menit. Untuk materi kedua di sampaikan oleh Ketua Prodi S.Tr. dan Ketua Prodi D3 yaitu Ibu Naris Dyah Prasetyawati, SST, M.Si dan Ibu Siti Hani Istiqomah SKM, M.Kes yang di pandu oleh moderator saudari Delsi dan saudara Yoga dengan tema “Struktur Program dan Kurikulum di Program Studi”. Pembahasan materi yang disampaikan Ibu Naris dan Ibu Siti Hani yaitu  tentang KRS, Kurikulum,Visi, dan rencana pembelajaran yang didapatkan dari semester 1-8. Kemudian diteruskan penyampaian materi ketiga oleh saudara Akmal Fahreza Wibowo dan Romeo yang menjelaskan tentang susunan kepanitian serta proker – proker yang ada di HMJKL dan kegiatan kemahasiswaan progam studi sarjana terapan & diploma tiga. Setelah itu penjelasan tentang Ikatan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Indonesia dari saudara Ahmad selaku ketua. Agar suasana tidak terlalu tegang dilaksanakan ice breaking dengan memainkan game. Acara selanjutnya yaitu ishoma, diawali dengan makan bersama terlebih dahulu dan dilanjutkan ibadah bagi yang beragama muslim di Masjid Kampus.

 


Kegiatan setelah ishoma yaitu penyampaian materi 4 yang disampaikan oleh Bapak Agung Sapto Budi Nugroho, ST yang membahas tentang “Pengenalan Profesi dan Peluang Lulusan oleh Organisasi Profesi”. Dilanjutkan dengan materi terakhir yaitu materi ke 5 yang dibawakan oleh Bapak Bambang Suwerda S.ST, M.Si mengenai “Organisasi dan Tata Kelola Jurusan”. Pak Bambang Suwerda merupakan sosok dibalik lahirnya Bank Sampah yang kini konsepnya telah diterapkan hampir di seluruh penjuru Indonesia. Setelah itu penjelasan dan pengenalan dosen-dosen serta tenaga kerja yang ada di Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Materi terakhir telah berakhir dan dilanjutkan dengan Penutupan PKKMB jurusan Kesehatan Lingkungan 2024 oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Dr. Bambang Suwerda, SST, M.Si .

 

Penulis:

Arfani Riviyanti

Siska Safitri


Komentar

Postingan Populer