HARI JADI KESEHATAN LINGKUNGAN KE-41

 

HARI JADI KESEHATAN LINGKUNGAN KE-41

Jumat Pon (09/08/2024), Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan  atau biasa yang disingkat dengan HMJKL telah mengadakan acara peringatan Hari Jadi Jurusan Kesehatan Lingkungan yang ke-41 dengan tema “Creativity Save The Earth” di Auditorium Grha Bina Husada. Acara ini diawali dengan senam pagi pada pukul 07.00 WIB yang ikuti oleh mahasiswa dari berbagai tingkat dan dosen jurusan kesehatan lingkungan. Antusias terlihat dari para peserta karena terdapat hadiah doorprize menarik bagi peserta yang paling semangat dan energik. Acara kemudian dilanjutkan dengan perlombaan antar kelompok yang sudah dibagi sebelumnya. Terdapat 4 perlombaan pada sesi ini yang akan dilakukan oleh tiap kelompok secara bergantian, diantaranya adalah ular hamil, pensil inul, karpet terbang, dan cucuk bebek. Perlombaan diwarnai dengan gelak tawa dari berbagai kelompok karena persaingan yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Lomba ini kemudian dimenangkan oleh kelompok 2 yang mendapatkan hadiah berupa piala.

Selesai perlombaan, acara dilanjutkan dengan pembukaan di dalam Auditorium Grha Bina Husada. Dalam pembukaan panitia, Yohanes Yogatama Langgeng Nugroho memaparkan bahwa diadakannya acara ini sebagai media untuk mempererat hubungan antar mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan maupun dengan dosen. Peringatan Hari Jadi Kesehatan Lingkungan ini juga sebagai sarana untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat mahasiswa. Hal ini direalisasikan dengan di adakannya lomba fashion show antar kelas dan lomba video promosi antar mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan.

“Peringatan Hari Jadi Kesehatan Lingkungan ini mengajak antar pihak agar saling berkolaborasi dan menjunjung tinggi Jurusan Kesehatan Lingkungan untuk mewarnai prestasi di kancah lokal, nasional, hingga internasional.” tutur  Bapak Dr. Bambang Suwerda SST, M.Si sebagai Kepala Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes, yang sekaligus membuka perayaan Hari Jadi ke-41 Jurusan Kesehatan Lingkungan. Selanjutnya, dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes, Dr. Bambang Suwerda, SST, M.Si, dan Ibu Firlina, S.Kom, M.Eng. Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada Akmal Fahreza Wibowo (Ketua HMJ Kesehatan Lingkungan), Romeo Annur Putra (Ketua HMPS D3 Sanitasi), dan Meifa Nur Hasanah (Ketua HMPS S.Tr Sanitasi Lingkungan).

Acara dibuka dengan penampilan Tari Sekar Menoreh yang dibawakan oleh empat mahasiswi Jurusan Kesehatan Lingkungan: Magda Fitria, Anida Salsabila, Adita Priska Cahyani, dan Radita Sukeswari.

Acara selanjutnya adalah penampilan Fashion Show dan pemutaran video ucapan selamat ulang tahun serta promosi Jurusan Kesehatan Lingkungan. Lomba Fashion Show mengusung tema "Upcycle Runway", di mana peserta menampilkan busana dari bahan daur ulang. Peserta lomba dan penonton menunjukkan antusiasme yang tinggi. Kreativitas peserta dalam mengubah bahan daur ulang menjadi pakaian yang menarik sangat mengesankan. Penampilan para model di atas catwalk pun berhasil memukau para penonton.Dalam Lomba Fashion Show ini, terpilih tiga pemenang:

  1. Juara pertama diraih oleh Delia Putri dari prodi S.Tr Sanitasi Lingkungan tingkat 2.
  2. Juara kedua dimenangkan oleh Nanda Risky Ramadhani dari prodi D3 Sanitasi tingkat 3.
  3. Juara ketiga diperoleh oleh pasangan Putri Dwi Purwanti dan Ramadhan Yudha Pratama Putra dari prodi S.Tr Sanitasi Lingkungan tingkat 1.

            Berikutnya seluruh video ucapan dan promosi jurusan Kesehatan Lingkungan ditampilkan secara bersamaan. Kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan video yang beragam dan berkesan patut diapresiasi. Hasil penilaian lomba menunjukkan bahwa Kelas D3 Sanitasi A semester 3 berhasil meraih Juara 1, diikuti oleh Kelas S.Tr Sanitasi Lingkungan B semester 7 sebagai Juara 2, dan Kelas S.Tr Sanitasi Lingkungan B semester 1 sebagai Juara 3.

            Setelah rangkaian acara sebelumnya, penonton diajak untuk menyaksikan video dokumenter lulusan jurusan Kesehatan Lingkungan. Video ini sangat inspiratif dan mengesankan. Sebagai penutup, acara dimeriahkan oleh pertunjukan tari dari UKM Tari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Adapun harapan ketua panitia, kak Yohanes Yogatama Langgeng Nugroho setelah acara ini berlangsung adalah meningkatnya kontribusi kita dalam upaya pelestarian lingkungan agar bumi kita semakin terjaga dari sampah maupun masalah lingkungan lainnya.

 

 

Penulis : Syan Ressy & Arfani Riviyanti

 

 


Komentar

Postingan Populer