DEBAT CALON KETUA DAN CALON WAKIL KETUA BLM PERIODE 2024/2025

 


 

 DEBAT CALON KETUA DAN CALON WAKIL KETUA BLM PERIODE 2024/2025


Senin Pahing, 2 September 2024 Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta selaku Panitia Pemilihan Umum Raya bermaksud mengadakan acara Debat Kandidat dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2024/2025. Acara ini dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB - 16.20 WIB bertempat di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jalan Gading Sari No.99, Banyuraden, Gaming, Sleman, Yogyakarta 55293, secara luring dan daring, yang di hadiri oleh tamu undangan Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang diwakilkan oleh Wakil Direktur 3 Ibu Umi Istianah, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.MB. Serta, kepala bagian administrasi akademi dan umum kepala sub bagian adminstrasi akademik, penanggung jawab mahasiswa dan alumni, koordinator humas, promosi, sisdis, kerjasama ketua jurusan di lingkungan poltekkes Kemenkes Yogyakarta, penangung jawab kemahasiswaan di setiap jurusan  diwakilkan, kepala program studi di lingkungan Poltekkes Kemenkes  Yogyakarta, dan perwakilan dari masing – masing anggota Oramawa (BEM, HMJ, dan HMPS), UKM serta perwakilan kelas dengan jumlah masing-masing kelas wajib mewakilkan 1 peserta. Peserta menggunakan seragam harian kuliah sesuai jurusan masing – masing disertai jas almamater Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Selain itu, tamu undangan dari eksternal 3 perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Surakarta, dan 2 perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Semarang yang ikut serta dalam Debat Kandidat dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua BLM periode 2024/2025.

 

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa, lalu menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dan Mars WBK, juga Pembacaan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Kemenkes, dilanjutkan pembacaan tata tertib oleh MC acara. Laporan ketua acara oleh Diah Ayu Lestari menyampaikan kepada Calon Kandidat dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2024/2025 diharapkan dapat menunjukan kemampuan masing-masing dalam menyampaikan aspirasi dan pandangannya terhadap suatu masalah.

 

Acara ini menjadi suatu ajang menunjukan seorang pemimpin dalam menjalankan perannya dengan baik sebagai agent of chance untuk mencapai tujuan  tersebut, Badan  Legislatif Mahasiswa menghimbau seluruh perwakilan Ormawa, UKM, dan kelas setiap jurusan  dapat berpartisipasi dalam acara debat calon Kandidat dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2024/2025 dan menjadi saksi kemampuan calon kadidat dalam bernegoisasi dan menyampaikan aspirasainya. Selanjutnya, kata sambutan oleh Wakil Direktur 3 Ibu Umi Istianah, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.MB. menggantikan Bapak Direktur yang berhalangan hadir. Debat terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2024/2025 merupakan wadah aktualisasi diri untuk mencari pemimpin mahasiswa seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Tentunya menjadi seorang pemimpin harus dapat menampilkan aspirasi, dapat memperbaiki situasi, dan dapat memecahkan berbagai masalah yang nanti tentunya akan ada disetiap organisasi. Tutur Wakil Direktur 3 Ibu Umi Istianah, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.MB. dalam sambutannya.

 

 


Memasuki pada sesi pemaparan dan pendalaman Visi Misi Calon Kandidat dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2024/2025 yang di pandu oleh moderator. Adapun kandidat calon ketua nomor urut 1 yaitu Ayudi Dwi Saputri dari STr Keperawatan + Profesi Ners, nomor urut 2 yaitu Zahwa Laksmita N. dari STr Sanitasi Lingkungan dan nomor urut 3 yaitu Rifky Nakeshan F. dari STr Keperawatan + Profesi Ners. Lalu untuk kandidat calon wakil ketua nomor urut 1 yaitu Teresa Andrea M. dari Str. Kep Anestesiologi, nomor urut 2 yaitu Abdurrahman Fikky Z. dari STr Teknologi Laboratorium Medis dan nomor urut 3 yaitu Vina Iklima C. dari STr Terapi Gigi. Setelah sesi pemaparan di lanjutkan dengan sesi pertanyaan dari jajaran dan peserta. Pada saat sesi pertanyaan, dari jajaran tidak memberikan pertanyaan kepada calon kandidat ketua dan wakil ketua, sehingga pertanyaan diajukan oleh peserta perwakilan dari kelas, perwakilan dari HMJ, dan perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Surakarta serta Poltekkes Kemenkes Semarang. Dilanjut dengan moderator membacakan sebuah mosi yang harus dijawab oleh calon kandidat ketua dan wakil ketua. Memasuki sesi clossing statement, setiap Calon Kandidat dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2024/2025 menyampaikan closing statement masing-masing. Serta setiap tim sukses masing-masing calon, melakuakan clossing statement  didepan panggung.

 

Diah Ayu Lestari selaku ketua acara mengatakan bahwa untuk acara hari ini alhamdulillah selesai dengan lancar sesuai dengan rencana, mungkin sedikit problem diteknis saja, namun selebihnya panitia sudah hadir tepat waktu, dari eksternal baik dari Poltekkes Kemenkes Surakarta maupun Poltekkes Kemenkes Semarang juga ikut hadir dalam acara ini. Selebihnya acara sudah aman dari awal sampai akhir, tinggal menunggu penetapan Ketua dan Wakil Ketua di hari Rabu tanggal 4 September 2024 semoga aman juga.

 


Reporter : Iqbal dan Daniesha

 

 

Komentar

Postingan Populer