PRA PKKMB POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA 2024



 PRA PKKMB POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA 2024

Yogyakarta, Senin Legi, 8 Juli 2024, dilaksanakan kegiatan Pra PKKMB atau Pra Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan Pra PKKMB ini dilaksanakan di Auditorium Grha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dilaksanakan secara hybrid. Beberapa mahasiswa mengikuti kegiatan Pra PKKMB secara daring seperti mahasiswa profesi dan mahasiswa dari Timor Leste. Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu jurusan keperawatan, jurusan kesehatan lingkungan, jurusan gizi, jurusan kesehatan gigi, jurusan TLM, jurusan kebidanan, dan jurusan RMIK. Kegiatan Pra PKKMB dimulai pada pukul 07.45 WIB yang dibuka oleh MC dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia oleh saudari Augusta, bahasa Inggris oleh saudari Alya, dan bahasa Jawa oleh saudari Tisya. Dilanjutkan dengan sambutan dan penjelasan tentang PKKMB yang disampaikan oleh Dr. Umi Istianah, S.Kep.Ns., M,Kep.,Sp. MB atau selaku Wadir III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. ‘mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan dan kehidupan kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta sistem pembelajaran dan sistem kemahasiswaannya” ujar Ibu Umi Istianah dalam sambutannya. 



Penjelasan teknis PKKMB, penugasan, dan pembagian kelompok PKKMB  dibacakan oleh perwakilan Badan Legislatif Mahasiswa yaitu saudara Aqilla, Abhirama, dan Ayudi yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab ini berlangsung selama 30 menit. Acara selanjutnya yaitu pengenalan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Mars, dan Hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dipandu oleh perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa dan UKM Padus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada kegiatan Pra PKKMB ini diisi dengan satu materi yaitu “Sosialisasi SKKM, Mawapres, ICHS, IHSCC, dan Kampus Sehat” dimana materi ini disampaikan oleh Ibu Eko Suryani, S.Pd., S.Kep., M.A dan Dr. Bambang Suwerda, SST., M.Si. Penyampaian materi ini dimoderatori oleh saudari Ranti Puspita Putri Laoegi selaku juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2024 dari jurusan STr Keperawatan Anestesiologi. Acara selanjutnya yaitu ishoma, bagi para mahasiswa yang beragama muslim dipersilakan untuk melakukan ibadah ditempat yang telah disediakan dan dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah ishoma terdapat pengenalan Ormawa atau Organisasi Mahasiswa yang resmi dan dinaungi oleh Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang disampaikan oleh Presiden BEM Arfandi Sambodo dan Ketua BLM Aqilla Davin. Ormawa yang diperkenalkan mulai dari BLM, BEM, HMJ, dan HMPS. 


 

Gladi bersih pembukaan PKKMB dilaksanakan pukul 13.30-14.30 WIB dimana gladi bersih pembukaan PKKMB ini dilakukan supaya kegiatan PKKMB diesok hari dapat berjalan dengan lancar dan khidmat. Dilanjutkan dengan mengisi pretest secara online pada link yang telah dibagikan panitia. Acara yang terakhir yaitu penutup. Dengan ditutupnya kegiatan Pra PKKMB ini, maka akan dimulainya PKKMB Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun 2024 pada Selasa Pahing-Rabu Pon, 9-10 Juli 2024 untuk PKKMB Direktorat dan Kamis wage, 11 Juli 2024 untuk PKKMB jurusan.



Reporter : Tiram Swastiastu Sakhira dan Salma Annisa Mahda


Komentar

Postingan Populer