LATIHAN GABUNGAN KORPS SUKARELA (KSR) PMI UNIT POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2024

 



“Manajemen Penatalaksanaan Kecelakaan Jalan Raya”

 

Latihan Gabungan yang diadakan oleh KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dilaksanakan pada hari Minggu Pon, tanggal 26 Mei 2024. Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium Grha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang bertempat di Jl. Gading Sari No.99, Area Sawah, Banyuraden, Kec.Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Latihan Gabungan dihadiri oleh Anggota KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta angkatan XII dan XIII, Anggota KSR Sahabat, Alumni serta Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan total sebanyak 147 peserta. Latihan ini diadakan untuk meningkatkan peran KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam pelatihan anggota Palang Merah Indonesia dan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam lingkup materi kepalangmerahan, serta meningkatkan kapasitas dan pemahaman anggota Palang Merah Indonesia dan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta terkait pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.

 

Acara ini dilaksanakan pada pukul 07.30-08.30 WIB yang diawali dengan registrasi oleh masing-masing peserta dan kehadiran tamu undangan. Latihan Gabungan di mulai pada pukul 08.45-12.55 WIB. Acara yang pertama yaitu Upacara Pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne PMI kemudian dilanjutkan oleh pembacaan 7 Prinsip Dasar Kepalangmerahan yang dipimpin oleh perwakilan dari panitia. Acara selanjutnya yaitu Laporan Ketua Acara oleh Yosephine Carissa Anindita dilanjutkan dengan Sambutan Pembina KSR yaitu Bapak Suryanto, dan penyampaian sambutan sekaligus membuka acara Latihan Gabungan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes.

 

 

               

 

 

            

 

            Latihan Gabungan merupakan program kerja baru dari KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada tahun sebelumnya, KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyelenggarkan program serupa dengan nama PKA 2. Tahun 2024 ini, KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mulai menyelenggarakan program kerja Latihan Gabungan dengan tema “Manajemen Penatalaksanaan Kecelakaan Jalan Raya” yang akan berpotensi untuk menambah wawasan serta keterampilan terkait dengan pertolongan pertama pada korban kecelakaan di jalan raya. Sebelum melakukan praktik, para peserta dibekali materi terlebih dahulu yang disampaikan oleh Bapak Sarjuri dari PMI Sleman.

 

            Setelah pemaparan materi, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan praktik di tiap-tiap pos yang sudah disiapkan oleh panitia dengan jumlah 5 pos. Setiap pos memiliki kasus yang berbeda-beda untuk melatih keterampilan para peserta dalam melakukan penatalaksanaan pada korban kecelakaan. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Suryanto selaku pembina KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, beliau berpendapat bahwa dengan diadakannya kegiatan ini sangat bermanfaat dan perlu terus dilanjutkan kedepannya supaya semakin banyak ilmu yang bisa kita dapatlkan untuk menunjang kelancaran dan kesuksesan KSR PMI Unit Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

 

Demikianlah rangkaian acara Latihan Gabungan yang membahas tentang Manajemen Penatalaksanaan Kecelakaan Jalan Raya. Dengan harapan kedepannya semoga melalui kegiatan ini dapat menambah kualitas diri para peserta sebagai sukarelawan Palang Merah Indonesia. Kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan sekitarnya jika kecelakaan tersebut terjadi dihadapan kita langsung, serta menghindari resiko berakibat fatal pada korban jika tidak ditangani cepat dan dengan prosedur yang tepat.

 

Reporter : Ajeng Purwasih dan Jihan Faiza Fikriyya

 

               

 

 

            

 

 

 

 


Komentar

Postingan Populer