HARI LINGKUNGAN HIDUP 2024

 


Himpunan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah menyelenggarakan aksi penanaman bibit pohon bertemakan 'Plant a Tree, Save The Earth' yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Lingkungan pada Sabtu Legi, 8 Juni 2024.


Acara ini berlokasi di Bukit Klangon, Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Sleman dengan Restu Ahmad Multi sebagai ketua panitia. Dalam sambutannya, beliau memaparkan pentingnya peran individu dalam melestarikan lingkungan. 


Aksi ini juga di hadiri oleh Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan, bapak Dr. Bambang Suwerda, S.ST., M.Si, pihak HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia), pihak IMKLI (Ikatan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Indonesia), Bapak/Ibu Dosen jurusan Kesejatan Lingkungan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, serta pengelola bukit Klangon.


"Aksi penanaman bibit pohon ini menjadi momentum kita dalam melestarikan kesehatan lingkungan yang mencakup 3 aspek/gatra, yaitu biotik, abiotik, dan culture yang saling berhubungan. Karena kesadaran dalam melestarikan lingkungan dimulai dari hal kecil pada diri sendiri." ujar bapak Dr. Bambang Suwerda, S.ST., M.Si saat melakukan sambutan acara.


Kegiatan ini juga mendapatkan tanggapan positif dari pengelola bukit Klangon. Diharapkan dengan adanya ini dapat membuat bukit Klangon semakin indah, asri serta nyaman untuk para pengunjung maupun masyarakat di sekitarnya untuk di masa sekarang maupun di masa mendatang.


Setelah adanya sambutan dari berbagai pihak, acara dilanjutkan dengan melakukan senam transformasi. Terlihat para peserta maupun dosen dan tamu undangan sangat beesemangat dalam melakukan senam transformasi ini.


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu penandatanganan berita acara sekaligus penyerahan plakat untuk pengelola bukit Klangon di pendopo serta penanaman bibit pohon dan bersih area Bukit Klangon. Penanaman dilakukan dengan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok agar mempermudah penanaman bibit di area Klangon yang luas. Bersih area juga dilakukan agar bukit Klangon terbebas dari sampah plastik maupun sisa-sisa dari kegiatan perkemahan yang dilakukan di area tersebut.


Dengan adanya aksi penanaman bibit pohon ini diharapkan akan membawa dampak yang besar demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.


Penulis : Ressy & Nadhia

Komentar

Postingan Populer