Kongres Nasional Forkompi XII Yogyakarta 2023

 

Forkompi adalah Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Kesehatan  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Forkompi beranggotakan sebanyak 38  Poltekkes Kemenkes RI Se-Indonesia. Forkompi dibentuk pada tanggal 06 Juni 2004  dan aktif kembali pada tahun 2011. Setiap tahunnya, Forkompi memiliki program  kerja yaitu Kongres Nasional Forkompi atau yang biasa kita sebut Kongnas. Pada  tahun ini, Kongnas dilaksankan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada tanggal 26  November 2023 sampai 03 Desember 2023.  

Kongres Nasional Forkompi yang dimulai pada tanggal 26 November 2023 ini  diselenggarakan oleh BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada Kongres Nasional  Forkompi ke-12 ini terdapat serangkaian kegiatan yang sangat menarik. Serangkaian  kegiatan dimulai dengan Opening Ceremony kemudian dilanjutkan kegiatan lain  berupa Seminar Leadership, Sidang Pleno, Fashion Show Adat, Announcement  Competition, Field Trip, dan terakhir ditutup oleh Hiburan. Pada Opening Ceremony diadakan Ceremonial Peresmian Pembukaan Kongres Nasional Forkompi XII 2023  yang diwakilkan kepada Presiden BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan  Sekretaris Jenderal Forkompi 2022/2023. 

 



Rangkaian kegiatan kali ini mengusung tema “Rumaketing Paseduluran  Anggayuh Adining Kamulyan”. Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk  bersama-sama memperjuangkan hak mahasiswa dan masyarakat terutama di bidang  kesehatan sesuai sambutan yang disampaikan oleh Presiden BEM Poltekkes  Kemenkes Yogyakarta. Partisipan yang mengikuti kegiatan ini adalah bagian dari 

BEM Poltekkes Kemenkes Se-Indonesia. Jumlah partisipan kegiatan ini mencapai 127  delegasi Poltekkes Kemenkes Se-Indonesia. Jumlah ini melebihi dari jumlah  partisipan pada Kongres Nasional Forkompi yang sudah dilaksanakan pada tahun tahun sebelumnya. 

Salah satu rangkaian kegiatannya yaitu kegiatan Opening Ceremony yang  dilaksanakan di Museum Monumen Pangeran Diponegoro Sastra Wiratama. Kegiatan  ini di awali dengan kirab pada pukul 08.00 dan di akhiri dengan Bincang Wakil  Direktur III Poltekkes Kemenkes Se-Indonesia sebelum closing oleh MC pada pukul  13.40. Kegiatan ini berisi banyak sambutan yang diharapkan dapat membekali para  peserta Kongres Nasional Forkompi XII di Yogyakarta. Kemudian diadakan Bincang  Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Se-Indonesia yang memberi peluang bagi  para peserta untuk menyuarakan pendapatnya. Pendapat yang dikemukakan oleh para  peserta di sambut hangat oleh para Wakil Direktur III dengan memberi jawaban yang  luar biasa. 

Peserta yang mengemukakan pendapat salah satunya berasal dari Poltekkes  TanjungKarang. Pendapat yang dikemukakan berupa pandangannya tentang  pengadaan satgas terhadap kekerasan yang cukup familiar terjadi dikalangan  mahasiswa. Hal ini sesuai sambutan via daring yang diberikan oleh drg. Arianti  Anaya, MKM selaku Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, beliau  mengatakan bahwa upaya mencapai Indonesia emas dengan orang yang produktif dari  segi kesehatan maupun pendidikan. Harapan dari beliau dengan adanya kegiatan ini  membuat atau mendorong para mahasiswa yang bukan hanya mendengarkan tetapi  juga berani berbicara strategi dan inovasi. 

Hal yang juga cukup menarik perhatian pada Opening Ceremony adalah  sambutan dari perwakilan Direktur Kemenkes Yogyakarta. Ketua Jurusan  Keperawatan ini memberikan korelasi kegiatan Forkompi dengan tempat  dilaksanakannya Opening Ceremony. Tempat berlangsungnya kegiatan ini merupakan  rumah dari Pangeran Diponegoro. Pada saat itu, putra dari Sultan Hamengkubuwono  3 melakukan perlawanan yang menguras habis sumber daya dari Hindia Belanda.  Karena hal tersebut, diadakan tanam paksa yang membuat masyarakat pribumi  mengalami kelaparan, kemudian diadakan kebijakan etis untuk membalas budi yaitu  Tria Politika. Korelasi nya adalah dengan nilai-nilai perjuangan yang diharapkan  dapat meningkatkan kapasitas mahasiswa kesehatan dengan semangat Pangeran  Diponegoto untuk memajukan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Se-Indonesia.

Sambutan yang juga diberikan oleh Ajeng Putri Hapsari selaku Ketua Acara  mengatakan bahwa Kongnas yang sudah dinanti selama 5 tahun oleh Poltekkes  Kemenkes Yogyakarta dan Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ini berjalan  dengan lancar pada Opening Ceremony. Para delegasi mematuhi aturan yang telah di  berikan oleh panitia dan diharapkan Kongres Nasional Forkompi XII dapat selalu  mandali, berjalan lancar, aman, dan terkendali. Layaknya sebuah acara, pasti terdapat  kendala. Kendala pada Kongnas kali ini terkait waktu. Namun dari pengalaman  pribadi Ajeng mendapatkan motivasi bahwa, “Tidak perlu menjadi sempurna untuk  menginspirasi orang lain. Biarkan orang-orang terinspirasi oleh cara menangani  ketidaksempurnaan itu”. 

  

 

Reporter : Jihan Faiza dan Najwa Sadrina (27 November 2023) 

Penulis : Jihan Faiza 

Editor : Najwa Sadrina


Komentar

Postingan Populer