Gema Bakti Sembada Bersama Mahasiswa Kebidanan Polkesyo

 


Setiap mahasiswa kesehatan tidak hanya dibekali materi teori tetapi juga  dibekali praktik baik di lingkungan kampus atau di masyarakat. Praktik di masyarakat  atau biasa disebut dengan praktik kerja lapangan ini biasanya dilakukan sebagai  bentuk pengabdian seorang mahasiswa kesehatan kepada masyarakat. Setiap  mahasiswa memiliki peranan penting di dalam masyarakat seperti memberikan  edukasi dan pelayanan yang bermanfaat. Tujuan dari praktik kerja lapangan ini adalah  untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan membentuk mahasiswa  supaya siap bekerja setelah lulus dari Perguruan Tinggi Negeri ini.  

Pada Sabtu, 9 Desember 2023 mahasiswa Praktik Kebidanan Komunitas dan  Praktik Asuhan Kebidanan dengan melakukan pendekatan Budaya Prodi D III  Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengadakan kegiatan GEBYAR GEMA  BAKTI SEMBADA “Gerakan Maju Membangun Trimulyo Sehat dalam Keasrian  Budaya” di Lapangan Balai Kalurahan Trimulyo Jalan Salak Km.3, Trimulyo, Sleman.  

Acara ini diikuti oleh 5 padukuhan di Trimulyo Sleman yaitu Padukuhan Kadisobo 2,  Tegalsari, Klegen, Pendeman, dan Pambregan. Kegiatan ini dimulai pada pukul  06.00-11.00 WIB. Acara tersebut tidak hanya dihadiri oleh kelima padukuhan, tetapi  juga dihadiri oleh pejabat desa dan jajarannya.  

Kegiatan ini diawali dengan jalan sehat di sekitar Kalurahan Trimulyo pada  pukul 06.00 WIB. Start dan finish jalan sehat ini di Kantor Kalurahan Trimulyo.  Antusias warga Kalurahan Trimulyo patut diacungi jempol karena tidak hanya dari  kalangan orang tua, namun kalangan anak muda pun ikut memeriahkan acara ini.  Acara ini dibuka oleh Master of Ceremony pada pukul 07.45 WIB yang kemudian  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Polkesyo. Tak lupa  sambutan ketua panitia dan juga sambutan lurah Trimulyo menjadi simbol bahwa  acara Gebyar Gema Bakti Sembada ini resmi dibuka. Pada kegiatan ini tersedia cek  kesehatan gratis yaitu cek tensi, cek gula dalam darah dan kolesterol, serta  penyuluhan dari farmasi dan obat-obatan. Ada juga Education Installation Booth  Kesehatan Reproduksi Remaja yang bisa diikuti oleh semua peserta. Dalam booth ini  berisi spinner, note, dan mengisi teka-teki yang membahas mengenai reproduksi.  

Bagi ibu hamil ada senam hamil yang dipandu oleh mahasiswa D III  Kebidanan Polkesyo di gedung serbaguna Kalurahan Trimulyo. Ada banyak  pertunjukan yang ditampilkan untuk memeriahkan acara ini seperti perwakilan dari 

mahasiswa D III Kebidanan Polkesyo yang mempersembahkan sebuah tarian. Para  warga di Kalurahan Trimulyo juga ikut memeriahkan acara tersebut. Penampilan dari  setiap padukuhan ini diawali oleh Padukuhan Kadisobo yang menampilkan seni  karawitan bapak-bapak dan seni tari remaja putri, Padukuhan Legen menampilkan  seni tari ibu-ibu dengan langgam turi putih, Padukuhan Pendeman menampilkan seni  tari anak, Padukuhan Tegalsari menampilkan senam ibu-ibu, dan Padukuhan  Pambregan menampilkan pantomim anak-anak.  

Setiap acara diselingi dengan pembagian dorprize mulai dari dorprize yang  kecil-kecil hingga dorprize utama yaitu kipas angin dan kompor dua tungku. Lomba  balita sehat juga diadakan pada kegiatan ini guna mengetahui tumbuh kembang balita  dengan memperhatikan tinggi badan, berat badan, dan usia. Menurut kak Sheila  mahasiswa D III Kebidanan Polkesyo selaku penanggung jawab kegiatan lomba balita  sehat. Lomba ini memiliki beberapa syarat yaitu ibu dari balita membawa KMS dan  buku KIA, kemudian dilakukan penimbangan berat badan, mengukur tinggi badan,  dan wawancara terkait status gizi balita, tumbuh kembang, kesehatan fisik dan  kesehatan lain. Sebanyak 6 balita telah mengikuti lomba ini, yang berasal dari masing  masing Padukuhan Kelurahan Trimulyo, yaitu Padukuhan Kadisobo, Padukuhan Lege,  Padukuhan Pendeman, Padukuhan Pambregan, dan Padukuhan Tegalsari. Pada pukul  10.30 WIB terdapat senam sehat bagi para peserta. Walaupun sudah siang, para  peserta tetap bersemangat dalam melakukan senam sehat bersama. Senam sehat ini  dipimpin oleh tiga instruktur senam yang sudah profesional. Setelah acara senam  sehat bersama ada lomba tebak kata bagi para ibu-ibu perwakilan dari masing-masing  padukuhan. Setiap padukuhan mengirim empat perwakilan ibu-ibu. Teknis dari lomba  ini adalah ibu-ibu akan memperagakan kata yang diberikan oleh panitia dan akan  ditebak oleh ibu-ibu yang paling terakhir. Di akhir acara terdapat pengumuman lomba  balita sehat, lomba pentas seni, dan lomba tebak kata ibu-ibu.  

Menurut Ibu Anisa Bekti Tarisma selaku Ketua TP-PKK kelurahan Trimulyo  sekaligus asisten lab di Polkesyo, Perwakilan Kelurahan Trimulyo dari setiap  padukuhan antusias dan semangat dalam mengikuti Kegiatan PKL jurusan kebidanan  ini. Serangkaian kegiatan memiliki nilai masing-masing, yang juga diikuti oleh  berbagai kalangan umur mulai dari balita, remaja, dewasa bahkan lansia, dan  mencakup berbagai aspek seperti aspek kekeluargaan. Adapun saran untuk  kedepannya pada penyediaan tempat dapat lebih dikondisikan agar acara dapat 

berjalan dengan nyaman dan aman. Harapannya acara seperti ini dapat terus  dikembangkan dan berlanjut, tidak hari ini saja tetapi juga kedepannya. Kegiatan Gebyar ini ditutup dengan flashmob panitia dan sebagian warga  dengan lagu Maumere. Kegiatan ini ditutup oleh Master of Ceremony pada pukul  10.40 WIB dan juga ditutup dengan bernyanyi bersama para panitia.

Komentar

Postingan Populer