WEBINAR KEGAWATDARURATAN 2020 "BACK TO CAMPUS AT NEW NORMAL" OLEH BEM POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

        Pada Sabtu Wage, 10 Oktober 2020 pukul 08.30, telah dilaksanakan Webinar Kegawatdaruratan oleh BEM Poktekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada tahun ini, webinar kegawatdaruratan mengusung tema “Back to Campus at New Normal”. Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan dari saudari Sekar Lintang Sejati selaku ketua panitia, dan sambutan oleh Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes. selaku Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 
    Webinar kegawatdaruratan ini menghadirkan tiga narasumber yang menyampaikan materi mengenai new normal dengan tiga topik pembahasan yang berbeda. Narasumber pertama yaitu dr. Sri Wahyu Joko Santoso yang merupakan juru bicara satgas COVID-19 Kabupaten Bantul. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Pencegahan dan Pengendalian COVID”. Dalam penyampaian materi ini, dijelaskan mengenai perkembangan kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta, sumber penularan COVID-19 di DIY, serta peta kompilasi zonasi risiko COVID-19 di DIY per 9 Oktober 2020. Selain itu, dijelaskan juga mengenai klaster penularan, upaya pencegahan, dan kunci keberhasilan pengendalian COVID-19. 
        Narasumber kedua yaitu Ahmad Zain Fahmi, S.Psi. yang merupakan Mental Health Promoter. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Dear, yang Mau Sehat Mental Ala New Normal”. Dalam penyampaian materi ini, dijelaskan mengenai tiga alasan pentingnya kesehatan mental, yaitu: men sana in corpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, terencana namun dapat dihindari, serta dekat namun terasa jauh. Selain itu, dijelaskan juga tahapan ketika seseorang berada dalam situasi yang tidak pasti contohnya COVID-19, yaitu: tahap disrupsi (tahap kebingungan dan perubahan perilaku keseharian), tahap kebingungan atau ketidakpastian (merasa lelah karena pandemi yang tidak kunjung usai), dan tahap penerimaan (sudah menerima kondisi dan siap untuk new normal). 
        Materi terakhir disampaikan oleh dr. Adrian Setiaji dengan judul “Penerapan New Normal dalam Kehidupan Kampus”. Beliau menyampaikan tentang COVID-19, gejala, pencegahan penularan, dan protokol kesehatan. Selain itu, dijelaskan juga protokol kesehatan selama di kampus, antara lain: mencuci tangan dengan sabun dan air setelah tiba di kampus, menjaga jarak minimal satu meter, membersihkan meja atau area belajar dengan desinfektan setiap meninggalkan kelas, tidak sering menyentuh fasilitas umum, hindari jabat tangan, serta mengurangi kapasitas satu kelas menjadi 50%. Pemaparan materi ini menjadi penghujung dari webinar kegawatdaruratan yang selesai pada pukul 12.00 WIB.









Komentar

Postingan Populer