WEBINAR SERIES 2 GLOBAL PANDEMIC OLEH UKM KSR PMI POLKESYO

 

WEBINAR SERIES 2 GLOBAL PANDEMIC

OLEH UKM KSR PMI POLKESYO

 

Pada Sabtu Pahing 29 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB telah dilaksanakan Webinar Series 2 oleh UKM KSR PMI Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Webinar ini merupakan series kedua dari serangkaian series webinar yang akan diadakan oleh UKM KSR PMI Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada series kedua ini diusung tema “Global Pandemic: Reducing the Risk of The Disease”. Pembukaan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Mars WBK Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Mars Palang Merah Indonesia, serta laporan dari ketua panitia dan selanjutnya webinar dibuka secara resmi oleh Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes. selaku Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Pada webinar series ini terdapat tiga narasumber yang akan menyampaikan topik terkait dengan global pandemik. Narasumber yang pertama adalah Bapak Yanuar Amin, S.ST., S.H., M.H.Kes. yang menyampaikan materi tentang Peran ATLM Dalam Penegakan Diagnosa Covid-19. Dalam pemaparan ini dijelaskan mengenai sejarah pandemi covid-19 dan peran Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) sebagai tenaga kesehatan dalam melakukan penegakan diagnosa covid-19. Peran ATLM sangat menentukan adanya diagnosa Covid-19, dengan berbagai dukungan baik melalui legalitas, sarana prasarana hingga jaminan terhadap praktik penyelenggaraan ATLM pada penanganan Covid-19.

Narasumber yang kedua adalah Bapak Bambang Supriyanta, S.Si., M.Sc. yang menyampaikan materi tentang Pemeriksaan Diagnostik Covid-19 Metode Rapid Test. Dalam pemaparan ini dijelaskan mengenai karakteristik Covid-19 dan metode Rapid Test. Rapid Test adalah salah satu cara untuk mendeteksi seseorang terinfeksi Covid-19 dan ditujukan untuk surveilans penyakit dan penelitian epidemiologi. Sampel yang digunakan pada Rapid Test adalah serum atau plasma. Hasil dari pemeriksaan yaitu mendeteksi antibodi IgM/IgG melalui perubahan warna strip dalam uji aliran lateral.

 Narasumber yang ketiga adalah Bapak Dr. Narendra Yoga Hendarta, S.T., M.Biotech yang menyampaikan materi tentang Pemeriksaan Diagnostik Covid-19 Metode rRT-PCR. Dalam pemaparan ini dijelaskan bahwa pada umumnya metode rRT-PCR menggunakan sampel swab pada nasofaring dan orofaring. Metode PCR jarang digunakan untuk diagnostik karena komplikatif dari reagen, metode, kemampuan teknisi, dan kalibrasi sehingga lebih banyak digunakan untuk riset. Setelah sesi pemberian materi dan tanya jawab selesai, webinar series kedua ini ditutup pada pukul 12.00 WIB.


Komentar

Postingan Populer