UPACARA HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-79

 



UPACARA HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-79

        Yogyakarta, Sabtu Legi, 17 Agustus 2024 di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta diadakan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-79. Para peserta dan petugas upacara memakai pakaian adat jogja dan diperbolehkan memakai pakaian adat daerah masing masing, kecuali pasukan sembilan sebagai pengibar bendera. Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB yang dibuka oleh protokol upacara. Kemudian seluruh peserta upacara disiapkan oleh masing-masing petugas barisan. Dilanjutkan dengan penghormatan kepada Pembina upacara yaitu Dr. Yuni Kusmiyati selaku Wakil Direktur 1 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pemimpin upacara melaporkan kepada Pembina upacara. Pembukaan undang-undang dasar 1945 dan doa dibacakan oleh mahasiswa. Memasuki acara inti yaitu pengibaran bendera merah putih oleh pasukan sembilan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh Marching Band Gita Husada. 


        Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina upacara yang diiringi oleh Paduan Suara Gema Swara Bina Husada. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila yang dipimpin oleh Pembina Upacara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara. Amanat upacara kali ini berkaitan dengan semangat kemerdekaan Republik Indonesia yang berkaitan dengan ibu kota baru yaitu Ibu Kota Nusantara atau IKN. Diharapkan dengan ini rakyat Indonesia dapat mewujudkan Nusantara baru Indonesia maju. Seluruh peserta mendengarkan dengan seksama amanat yang disampaikan oleh Pembina upacara. 


 

        Upacara berlangsung dengan khidmat, Teks Proklamasi Tidak lupa dibacakan oleh petugas upacara, Dilanjutkan pembacaan Undang undang Dasar dan Pembacaan Doa. Upacara ditutup dengan penyerahan mendali dosen berprestasi dan mahasiswa berprestasi 2024, serta persembahan penampilan dari UKM Marching band Gita Husada.


Reporter : Aanandita Allyn Stoica dan Salma Anisa Mahda

Komentar

Postingan Populer