PENETAPAN KETUA DAN WAKIL KETUA BADAN LEGISLATIF MAHASISWA PERIODE 2024/2025

 



PENETAPAN KETUA DAN WAKIL KETUA BADAN LEGISLATIF MAHASISWA PERIODE 2024/2025

Rabu Wage, 4 September 2024 Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengadakan acara Penetapan Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2024/2025 setelah dilakukannya acara Debat Terbuka pada Senin Pahing, 2 September 2024. Acara ini dilaksanakan pada pukul 16.00-17.30 WIB bertempat di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jalan Gading Sari No.99, Banyuraden, Gaming, Sleman, Yogyakarta 55293, secara luring dan daring, yang di hadiri oleh tamu undangan Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Wakil Direktur 1, Wakil Direktur 2, Wakil Direktur 3, beserta jajarannya, Ketua Jurusan yang ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta beserta jajarannya, Ketua Program Studi, serta Organisasi Mahasiswa (BEM, HMJ, dan HMPS), Unit Kegiatan Mahasiswa, dan masing-masing perwakilan kelas. Peserta menggunakan seragam harian kuliah sesuai jurusan masing – masing disertai jas almamater Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Selain itu, tamu undangan dari eksternal perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Surakarta dan perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Semarang.

 

 

 

 

Acara penetapan dibuka pada pukul 16.00 WIB oleh Master Of Ceremony yaitu saudari Moch. Nufal Tsany dan Miftahul Khairiyah. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa, lalu menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dan Mars WBK, juga pembacaan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Kemenkes, dilanjutkan pembacaan tata tertib oleh MC acara. Selanjutnya, laporan ketua acara oleh Diah Ayu Lestari. Dilanjut dengan sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang diwakilkan oleh Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni Ibu Eko Suryani S.Pd, M. Kes, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, “Penetapan Hasil Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa Periode 2024/2025 merupakan wadah aktualisasi diri untuk mencari pemimpin mahasiswa harapan seluruh civitas academica di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sejatinya kebutuhan mahasiswa terkait pemimpin Badan Legislatif Mahasiswa dicerminkan dari berani berkata dan berbuat benar, menyampaikan setiap kebenaran. Dapat dipercaya pada setiap janjinya, dan cerdas dalam mengambil setiap langkah keputusan. Oleh karena itu, pemimpin baru Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menjadi prioritas dalam pelaksanaan kehidupan organisasi kemahasiswaan. Maka siapapun yang terpilih menjadi ketua dan wakil ketua periode ini harus kita dukung, apa yang akan menjadi kebijakan mereka dan apa yang menjadi visi mereka harus kita dukung selama itu tidak melanggar dari visi & misi polkesyo dan kami yakin bahwa nanti ketua dan wakil ketua yang terpilih akan menjadi aspirator bagi mahasiswa kepada pengelola yang selalu berada dijalur konstruktif. Karena pengelola tidak pernah menolak kritikan, karena bagi kami kritikan adalah masukan yang luar biasa. Dengan adanya kritikan atau masukan kami akan selalu terjaga untuk berjalan dijalur yang benar dan sesuai dengan komitmen kami selalu berada dipihak mahasiswa, dengan syarat aspirasinya tersampaikan melalui jalur yang sudah kami sepakati, terstruktur, konstruktif, maka kami akan menindak lanjuti.”

 

Rangkaian kegiatan Debat Pemilihan Umum Raya Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa telah dilalui, sekarang sudah saatnya pengumuman calon yang terpilih pada periode ini. Perhitungan suara dipandu oleh saudari Adinda Ayu Rindiani. Adapun hasil E-vote, diperoleh jumlah suara didapatkan hasil sebagai berikut, Calon Ketua nomor urut 1 memperoleh suara sebanyak 149 suara, Calon Ketua nomor urut 2 memperoleh suara sebanyak 14 suara, Calon Ketua nomor urut 3 memperoleh suara sebanyak 23 suara, Calon Wakil Ketua nomor urut 1 memperoleh suara sebanyak 79 suara, Calon Wakil Ketua nomor urut 2 memperoleh suara sebanyak 44 suara, Calon Wakil Ketua nomor urut 3 memperoleh suara sebanyak 63 suara, Data yang sudah memilih sebanyak 186 pemilih, Data yang belum memilih sebanyak 48 pemilih, Total data pemilih sebanyak 234 suara, Persentase hasil sebanyak 79% total pemilih. Dengan demikian, sesuai dengan hasil E-vote Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa Periode 2024/2025 dimenangkan oleh saudari Ayudi Dwi Saputra dari program studi S.Tr Keperawatan dan Profesi Ners dan saudari Teresa Andrea M. dari program studi STr. Keperawatan Anestesiologi.

  

Sebagai wakil ketua dapat mendampingi ketua saya, dan untuk kedepannya di periode 2024/2025 kita dapat mewujudkan cita-cita Poltekkes Kemenkes Yogyakarta terutama dalam menyalurkan aspirasi-aspirasi mahasiswa. Semoga aspirasi mahasiswa dapat didengar dan diperhatikan. Untuk Badan Legislatif Mahasiswanya sendiri, semoga visi dan misinya tercapai serta menjadi semakin progresif dan iklusif. Tutur Wakil Ketua baru Periode 2024/2025 saudari Teresa Andrea M. Dalam wawancaranya, selain itu Ketua baru Periode 2024/2025 saudari Ayudi Dwi Saputra memiliki harapan juga. Harapan untuk Badan Legislatif Mahasiswa dan tentunya untuk seluruh civitas akademika sangat besar sekali, bagaimana dengan visi misi saya. Salam gelora aspirasi berani bersuara itu hebat, saya merasa sedih ketika SCT civitas akademika masih banyak yang tidak berani untuk bersuara, mereka masih banyak yang takut untuk menyuarakan aspirasinya. Harapan saya sebagai Ketua, satu periode nanti kita organisasi mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa, civitas akademika, kita gelorakan aspirasi di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Untuk Badan Legislatif Mahasiswa, semoga terus berkembang, terus menjadi organisasi yang lebih baik lagi, terus menjadi legislator muda yang memperjuangkan orang-orang yang takut akan berbicara.

 

Reporter : Iqbal dan Daniesha


Komentar

Postingan Populer