BELA NEGARA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2024

 


BELA NEGARA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

TAHUN 2024

Yogyakarta, Sabtu Legi, 13 Juli 2024 telah dilaksanakan kegiatan Bela Negara. Kegiatan ini diselenggarakan secara Luring yang dilaksanakan di Lapangan Banyuraden yang bertempat di Area Sawah, Banyuraden, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan Bela Negara ini merupakan bagian dari serangkaian PKKMB di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. PKKMB 2024 mengusung tema “Acitya Adhigama” yang memiliki makna ilmu pengetahuan sebagai jalan untuk menggapai cita-cita yang unggul sesuai dengan visi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

 

Kegiatan bela negara ini disertakan dalam serangkaian kegiatan PKKMB Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dikarenakan “Dilihat dari antusias dari rekan-rekan mahasiswa baru, pengadaan bela negara ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme rekan-rekan mahasiswa baru, yang nantinya akan dididik di internal Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk keberlanjutan vokasi baik D3 maupun D4 (STR)”, ujar Arfandi Sembodo selaku dari Presiden BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, ketika kami menanyakan mengenai alasan pengadaan dari kegiatan bela negara dalam serangkaian kegiatan PKKMB Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

 


Serangkaian dari kegiatan bela negara sendiri, terdiri dari pembukaan, yang disampaikan oleh Bapak Wakil DIrektur Dua, lalu dilanjutkan dengan materi-materi yang telah disusunkan, diberikan dan didampingi oleh bapak-bapak dari TNI, dan terakhir untuk penutup adalah flashmob. Presiden BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Arfandi Sembodo menyampaikan bahwa, “Kegiatan bela negara ini sendiri, sebetulnya bukan merupakan kegiatan terakhir dari serangkaian kegiatan PKKMB yang telah dilaksanakan dari tanggal 8 Juni 2024, yaitu saat Pra-PKKMB. Tetapi nantinya ada kegiatan inaugurasi sebagai malam puncak dan dilanjutkan lagi dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan”. Ia juga menambahkan, bahwa syukurnya tidak ada kesulitan yang berarti dalam keseluruhan kegiatan yang telah dilaksanakan, dikarenakan koordinasi antar panitia sudah cukup baik daripada tahun sebelumnya, jadi menurut dari Presiden BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta hampir tidak ada, semunya berjalan dengan lancar.

 

Kegiatan Bela Negara diawali registrasi peserta pada pukul 06.00 WIB kemudian dilakukan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Serta sambutan dari Bapak Agus Wijarnaka, selaku Bapak Wakil Direktur Dua. Kegiatan selanjutnya yaitu pembagian kelompok dan instruktur yang dilanjutkan dengan penyampaian materi yaitu, Unsur Sikap Bela Negara. Pada pukul 08.00 WIB dilakukan challenge 1 yaitu baris berbaris sesuai kelompok yang sudah dibagi. Pukul 09.00 WIB pembagian konsumsi snack peserta dan istirahat. Setelah itu dilanjutkan kembali dengan challenge 2 yaitu halang rintang dan yel-yel dari masing-masing jurusan. Kegiatan terakhir yaitu penutupan dan flashmob pada pukul 10.30 WIB. 

 


“Alhamdulillah acara ini dapat berjalan dengan lancar, pastinya dengan bantuan dan koordinasi yang cukup baik dari Jajaran, Direktorat, UKM juga Ormawa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, serta antar panitianya sendiri juga”. Kesan tersebut disampaikan oleh Rofika Lutfia Nabila, selaku dari ketua panitia PKKMB tahun ini, Dilanjutkan dengan pesan serta harapan yang disampaikan oleh Presiden BEM Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yaitu Arfandi Sembodo, berharap koordinasi di tahun yang akan datang akan lebih baik dari tahun ini, dikarenakan harapannya semoga setiap tahunnya selalu ada peningkatan dari solidaritas dan kesinergisan antar ormawa di internal Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

 

Narator : Aisyah Nur Chasanah dan Ananda Daniesha

Komentar

Postingan Populer