PKKMB DAY 2 POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA 2024

 


PKKMB DAY 2 POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA 2024


Yogyakarta, Rabu Pon, 10 Juli 2024 telah dilaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta hari kedua. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. PKKMB 2024 mengusung tema “Acitya Adhigama” yang memiliki makna ilmu pengetahuan sebagai jalan untuk menggapai cita-cita yang unggul sesuai dengan visi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sebelum masuk ke Auditorium GBH, semua peserta PKKMB diminta untuk berbaris sesuai dengan jurusan dan prodi masing-masing lalu memasuki Auditorium dengan tertib.

Acara PKKMB dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh tiga orang MC dengan menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Jawa. Penyampaian materi ketujuh disampaikan oleh Ibu Catur Udhy Handayanie,S.H. beliau dari dinas perlindungan anak dan perempuan dan pengendalian penduduk. Materi ini tentang “Pengenalan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi” membahas mengenai cara mencegah kekerasan seksual baik di dalam maupun diluar lingkungan kampus, serta upaya pihak kampus dalam menangani kasus kekerasan seksual pada mahasiswa, dalam materi tersebut tersirat pesan bahwa jangan pernah menyalahkan korban, salahkan lah pelaku. Dilanjutkan materi kedelapan berisi cerita sukses alumni Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang bekerja di luar negeri, di moderatori oleh Bapak Uki Wulanggita, SST. 

Selanjutnya materi kesembilan, kesepuluh, dan kesebelas yang disampaikan secara panel dimoderatori oleh Indah Widya Akbarini mengenai “Layanan Perpustakaan” oleh Bapak Sapto Harmoko, S.IP, “Tata Cara Pengisian SIAKAD dan Pemanfaatan SILAYAK” oleh Bapak Rafi Hidayat, S.Kom, sosialisasi e-learning “Pepeling” oleh Bapak Arif Widiyono, S.Kom. Pada pemateri yang ke dua belas disampaikan oleh pemateri yang sangat luarbiasa yaitu Mrs. Ai Tanimizu, RN., BScN., MN dan Prof. Roderick Salenga yang merupakan delegasi dari WHO.




Setelah materi yang ke dua belas dijeda terlebih dahulu oleh ishoma, untuk para mahasiswa yang beragama muslim dipersilakan untuk melaksanakan ibadah ditempay yang sudah disediakan dan bagi mahasiswa yang sudah selesai melaksanakan ibadah dipersilakan untuk makan siang. Setelah selesai ishoma dilanjut dengan pemaparan materi ke tiga belas mengenai “Transformasi Kesehatan” yang di sampaikan langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Bapak Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes. Membahas tentang transformasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam mewujudkan visi yaitu unggul, berbudaya, dan mendunia.

Materi yang ke empat belas disampaikan oleh Bapak Dr. Agus Wijanarka, S.Si.T., M.Kes, beliau merupakan wakil direktur II Poltekkes Kemenkkes Yogyakarta, membahas mengenai bagaimana organisasi dan tata kelola di kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Selanjutnya materi yang ke lima belas disampaikan oleh wakil direktur III Poltekkes kemenkes Yogyakarta yaitu Ibu Dr. Umi Istianah, S.Kep.Ns., M.Kep., Sp.MB. Terkait meningkatkan prestasi mahasiswa melalui pengembahan kegiatan mahasiswa. Lalu materi yang ke enam belas “Panduan akademik di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta” di paparkan oleh Ibu Sefi Nurhadianti, S.S. M.Pd. Kemudian untuk materi yang terakhir di sampaikan oleh Ns. Sutejo, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Jiwa dan dr. Novi Husmarini mengenai “Layanan konseling dan klinik” terkait kesehatan jiwa, beliau berpesan bahwa bercerita itu sangat penting, lalu mengenai “Pentingnya implementasi posbindu, dan BPJS” menjelaskan tata cara pindah faskes ke klinik pratama polkesyo.

Setelah serangkaian materi selesai dipaparkan dilanjutkan dengan postest dan foto bersama, PKKMB hari kedua ini merupakan PKKMB terakhir direktorat karena selanjutnya para peserta PKKMB akan melaksanakan kegiatan PKKMB di jurusan masing-masing.




Reporter : Ajeng Purwasih dan Thuty Neishya

Komentar

Postingan Populer