Wisuda XXXVIII Ahli Madya, Sarjana Terapan Kesehatan, Pelantikan Profesi Tahun Akademik 2022/2023 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

 


          Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta (Poltekkes Kemenkes) telah menggelar sidang terbuka senat dalam rangka wisuda angkat sumpah ahli madya, sarjana terapan kesehatan ke 38, pelantikan profesi tahun akademik 2022/2023 pada periode Bulan Mei serta dies natalis ke-23. Acara tersebut telah berlangsung pada hari Kamis Legi, 25 Mei 2023 di gedung Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes.


        Acara ini dipandu oleh Yani Puspitasari, S.Kom, MM dan Ns. Sutejo, S.Kep., M.,Kep.,Sp.,KJ selaku master of ceremony. Acara ini juga dihadiri oleh ibu dirjen tenaga kesehatan kemenkes RI, kepala diknas DIY, direktur rsup sardjito yogyakarta, kepala kkp kelas 4 yogyakarta, kepala lpp yogyakarta, kepala dinas kabupaten/kota se wilayah DIY, direktur rsud kabupaten/kota se wilayah DIY, pimpinan institusi organisasi profesi, asosiasi pendidikan serta mitra kerja dan tamu undangan civitas, ortu dan wisudawan 


        Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan menyanyikan hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kemudian Ketua Senat, yaitu Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta membuka sidang terbuka senat dalam rangka wisuda angkat sumpah ahli madya, sarjana terapan kesehatan ke 38, pelantikan profesi tahun akademik 2022/2023 pada periode Bulan Mei serta dies natalis ke-23. Lalu dilanjutkan dengan laporan pendidikan tahunan institusinya yang disampaikan oleh Dr. Yuni Kusmiyati, S.ST., M.PH selaku wakil direktur 1.

        Pada sidang terbuka senat dalam rangka wisuda angkat sumpah ahli madya, sarjana terapan kesehatan ke 38, pelantikan profesi tahun akademik 2022/2023 pada periode Bulan Mei ini  jumlah wisudawan diploma 3 dan sarjana terapan adalah 193 orang. Diploma 3 yang terdiri dari 2 wisudawan dan sarjana terapan yang terdiri dari 76 wisudawan serta pendidikan profesi sebanyak 115 orang. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Diploma 3 lebih dari 3,50 adalah 2 lulusan, sedangkan untuk rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Sarjana Terapan adalah 3,60 dengan  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi adalahi 3,70. Rata-rata  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada pendidikan profesi adalah 3,96 dengan  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi adalah 4,00.

            Setelah penyerahan ijazah, acara dilanjutkan dengan prosesi angkat sumpah yang dibagi dalam dua sesi. Pada angkat sumpah yang pertama yaitu sumpah sebagai tenaga kesehatan kepada Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, drg. Arianti Anaya, MKM dan didampingi oleh rohaniawan. Kemudian  pada sesi kedua dilakukan angkat sumpah berdasarkan masing-masing profesi yang dipimpin oleh pimpinan organisasi profesi.  Dilanjutkan pada sesi ketiga dilakukan angkat sumpah ikrar panca prasetya alumni Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dipimpin oleh perwakilan wisudawan.

drg. Pembayun Setyaningastutie, M. Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan DIY berpesan, “Wisudawan harus menjalankan amanah dengan tidak ada kata lain harus tahu bagaimana mengawal transformasi kesehatan khususnya di wilayah DIY,” ucap beliau melalui sambutannya. 

Melalui orasi ilmiahnya dr. Umi Istianah, S.Kep.Ns., M.Kep., Sp.MB selaku Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menjelaskan tentang penelitiannya, yaitu model discharge planning Edu Hip efektif meningkatkan status fungsional pasien pasca operasi hip fracture di rumah.

            Di akhir acara, ada persembahan lagu dari UKM Paduan Suara dan pertunjukkan yang ditunjukkan oleh UKM Tari serta dilakukan launching ikatan diaspora alumni Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Komentar

Postingan Populer